Tutorial Swift Berguru Tipe Data Dan Penjelasannya

 Tipe data merupakan pembagian terstruktur mengenai data yang menerjemahkan maksud programmer Tutorial Swift Belajar Tipe Data dan Penjelasannya
Tutorial swift type data
- Tipe data merupakan pembagian terstruktur mengenai data yang menerjemahkan maksud programmer dalam memakai data. Pengertian lainnya, tipe data merupakan suatu memori pada komputer yang dipakai untuk menyimpan suatu nilai. Sebagian besar bahasa pemrograman mempunyai banyak sekali macam tipe data, contohnya bilangan lingkaran atau integer, string, boolean, dan masih banyak lagi.

Tipe data juga mendefinisikan operasi yang akan dilakukan pada data tersebut, dan bagaimana suatu data disimpan. Pada tutorial ini kita akan mencar ilmu untuk mengenal macam-macam tipe data pada Swift.

Pada bahasa pemrograman Swift, untuk memilih tipe data ada 2 cara, yaitu :
  1. menetapkan / assign secara langsung.
  2. menggunakan tipe annotations.
Berikut macam-macam tipe data pada bahasa pemrograman Swift :

String

String merupakan tipe data yang berisi sekumpulan karakter. Pada pemrograman Swift, String sanggup berupa long, short, maupun abjad kosong. Berikut yaitu teladan memakai tipe data String :
Menetapkan langsung
var name = "Codingtive" 
Menggunakan annotations
var name: String name = "Codingtive" 
Ketika menciptakan variable tanpa memakai annotations secara otomatis Swift mengetahui tipe data yang digunakan.

Integer

Integer merupakan tipe data yang menampung nilai angka yang bersifat bilangan bulat. Contohnya menyerupai 12, 3, 100, -120. Berikut teladan memakai tipe data Integer :
Menetapkan langsung
var date = 12 
Menggunakan annotations
var date: Int date = 12 

Float dan Double

Float dan Double merupakan tipe data yang menampung nilai angka pecahan. Contohnya menyerupai 2.5, 0.12, -86.33. Perbedaannya Double mempunyai memori yang lebih besar dan tingkat akurasi yang lebih tinggi dibandingkan Float. Berikut teladan memakai Float dan Double :
var weight: Float weight = 2.5  var longitude: Double width = -86.7333 
Untuk rekomendasi gunakan Double yang mempunyai memori dan akurasi yang lebih tinggi, namun apabila angka pecahan tidak terlalu banyak digit sanggup memakai Float.

Boolean

Boolean merupakan tipe data yang hanya mempunyai nilai true dan false, biasanya dipakai untuk logika maupun perbandingan. Berikut teladan penggunaan tipe data Boolean :
Menetapkan langsung
var isSheLikeYou = false 
Menggunakan annotations
var isSheLikeYou: Bool isSheLikeYou = true 

Nilai Opsional

Pada bahasa pemrograman Swift juga sanggup menawarkan nilai opsional pada ketika deklarasi variable dan tipe data, sehingga menghindari nilai kosong atau nil. Contohnya menyerupai berikut :
var name: String? = "Codingtive" name = ""  var age: Int? = 0 age = 19 
Ketika variable name dan age nilainya kosong atau nil maka nilai default yang akan dipakai yaitu "Codingtive" dan 0. 

Catatan

Ketika kau mencoba dengan aplikasi Playground, pada ketika memakai annotations awalnya akan muncul pesan error berikut pada ketika dirun :

error: variables currently must have an initial value when entered at the top level of the REPL

Bagaimana mengatasinya ? Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengganti Manually Run dengan Automatically Run pada tombol run dibawah. Gambarnya menyerupai berikut :
 Tipe data merupakan pembagian terstruktur mengenai data yang menerjemahkan maksud programmer Tutorial Swift Belajar Tipe Data dan Penjelasannya
solve xcode playground initial value REPL

Kesimpulan

Swift mempunyai type inference yaitu teknik untuk mengenali secara otomatis tipe apa yang dipakai menurut nilai dari suatu variable. Untuk memakai tipe data pada Swift ada 2 cara, yaitu menetapkan secara langsung atau memakai tipe annotations. Jika data tipenya tetap contohnya selalu String, maka gunakan tipe annotations.

Selanjutnya kau juga sanggup mempelajari tutorial berikut : 

Semoga bermanfaat ya.

0 Response to "Tutorial Swift Berguru Tipe Data Dan Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel