Tutorial Swift Mencar Ilmu Variables Dan Constants Lengkap

 Variable dan constant merupakan daerah untuk menampung suatu nilai dan sifatnya sementara Tutorial Swift Belajar Variables dan Constants Lengkap
Tutorial swift variables dan constants
- Variable dan constant merupakan daerah untuk menampung suatu nilai dan sifatnya sementara (temporary). Perbedaannya yaitu variable menyimpan nilai atau data yang sanggup diubah, sedangkan constant menyimpan nilai atau data yang tetap, tidak sanggup diubah.

Tutorial ini sangat cocok untuk pemula yang sedang berguru bahasa pemrograman Swift, kita akan bahas bagaimana variable dan constant pada Swift. Pastikan kau mengikuti pembahasannya hingga selesai ya.

Untuk variable memakai keyword var, sedangkan untuk constant memakai keyword let.

Sekarang buka aplikasi XCode, kalau kau sebelumnya belum tahu perihal Swift dan XCode, pelajari terlebih dahulu pengenalan Swift dan XCode untuk Pemula.

Variable

Buat playground gres dan pola namanya yaitu LearnBasic. Kita akan mencoba untuk menciptakan variable. Tuliskan arahan berikut :
import UIKit  var message = "Hello" message = "World" 
Kita lihat bahwa variable message saat di inisialisasi awalnya berisi "Hello", kemudian kita mengubahnya menjadi "World". Sekarang coba jalankan dengan tombol Run yang berada dibagian bawah. Pada output yang muncul ialah "World".
 Variable dan constant merupakan daerah untuk menampung suatu nilai dan sifatnya sementara Tutorial Swift Belajar Variables dan Constants Lengkap
tutorial swift variables

Constant

Selanjutnya menciptakan constant, contohnya menyerupai berikut :
import UIKit  let title = "Hello World" 
Ketika kita mencoba mengubahnya contohnya menambahkan kodenya menjadi menyerupai berikut :
let title = "Hello World" title = "Codingtive" 
Ketika di run, akan muncul pesan error menyerupai berikut :
 Variable dan constant merupakan daerah untuk menampung suatu nilai dan sifatnya sementara Tutorial Swift Belajar Variables dan Constants Lengkap
swift constant error 
Karena kita memakai constant maka nilainya bersifat tetap, sehingga tidak sanggup diubah.

Deklarasi multiple variable dan constant

Apakah sanggup melaksanakan deklarasi variable maupun constant lebih dari 1 dalam 1 baris ? jawabannya ialah bisa. Contohnya menyerupai berikut :
import UIKit  var title = "Hello", message = "Codingtive", age = 19 let name = "Codingtive", from = "Indonesia"

Kesimpulan

Lalu kapan memakai variable dan kapan memakai constant ? Bijaklah dalam menggunakannya, saat nilainya tetap maka sebaiknya memakai constant tetapi kalau nilainya sanggup diubah gunakan variable.

Kamu sanggup berguru lebih dalam lagi untuk mencoba menerapkan variable dan constant pada Swift, kalau ada pertanyaan silahkan berdiskusi melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat ya.

0 Response to "Tutorial Swift Mencar Ilmu Variables Dan Constants Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel