Tutorial Android : Get Latitude, Longitude, Location Dengan Mudah

Location merupakan hal yang sangat umum kita temui pada perangkat yang mempunyai fitur gps Tutorial Android : Get Latitude, Longitude, Location dengan Mudah
Tutorial Android : Get Latitude, Longituden, Location dengan Mudah
 - Location merupakan hal yang sangat umum kita temui pada perangkat yang mempunyai fitur gps, dalam kehidupan sehari-hari menyerupai penggunaan google maps, share location merupakan contohnya. Karena fitur location dalam beberapa kasus perlu diharapkan dalam aplikasi, kemudian bagaimana cara membuatnya untuk mendapat latitude, longitude dan location dari perangkat device ? 

Nah pada kesempatan ini, aku akan menyebarkan mengenai tutorial android mendapat latitude, longitude dan location dari perangkat device. Oke, eksklusif saja teman-teman ikuti langkah-langkahnya :

1. Buat project android

Langkah yang paling pertama yaitu teman-teman menciptakan project android, disini aku menamakan projectnya AndroidGetLocation, untuk penamaan bebas sesuka teman-teman. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan Kotlin pada ketika menciptakan project. Cara untuk menentukan bahasa Kotlinnya menyerupai berikut :

2. Buka build.gradle (Module: app)

Selanjutnya buka file build.gradle(Module: app), untuk memudahkan teman-teman aktifkan Android Extensions, apa android extensions ? kalian sanggup berkenalan dan mempelajarinya disini. Intinya android extensions itu suatu library dari Kotlin yang sanggup dipakai untuk view binding, view caching, dan costum parcelers. Kodenya pun menjadi lebih ringkas dan gampang dibaca. Cara mengaktifkannya dengan menambahkan isyarat berikut :
androidExtensions {    experimental = true }

3. Siapkan asset values resources

Buka folder res > values kemudian buka file strings.xml, dan colors.xml. Untuk styles.xml saya biarkan alasannya tidak mengubah pada bab style. Untuk kodenya :


4. Buat layout

Berikutnya kita akan menciptakan untuk layout sederhana saja, alasannya hanya untuk menampilkan isu dari latitude, longitude dan locationnya. Buka folder res > activity_main.xml kemudian tulis kodenya menyerupai berikut : 


5. Buat Location Formatter

Selanjutnya buat file Kotlin, caranya pada package project kalian klik kanan pilih New > Kotlin File / Class. Kemudian disini aku beri nama LocationFormatter.kt yang isinya interface yang mempunyai method untuk formatting location. Nah disini aku menghindari penggunaan utils, alasannya kalian sanggup mempelajarinya disini. Tulis kodenya menyerupai berikut :


6. Siapkan Activity

Untuk proses mendapat latitude, longitude ada pada activity, dan untuk location didapatkan dengan mengimplementasikan interface LocationFormatter yang sudah kita buat sebelumnya. Buka file MainActivity.kt, kemudian tambahkan isyarat menyerupai berikut : 
Sekarang coba kita jalankan, untuk balasannya menyerupai berikut :

Untuk referensi, kalian sanggup membukanya di repository saya.
Sekian tutorial android get latitude, longitude, dan location. Jika ada pertanyaan teman-teman sanggup menanyakan melalui email saya. Semoga bermanfaat

0 Response to "Tutorial Android : Get Latitude, Longitude, Location Dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel