Tutorial Android : Menciptakan Dinamically Edittext Dengan Recyclerview #2

Membuat Dinamically EditText dengan RecyclerView Tutorial Android : Membuat Dinamically EditText dengan RecyclerView #2
Membuat Dinamically EditText dengan RecyclerView
 - Pada tutorial ini kita akan melanjutkan menciptakan dinamically EditText dan RecyclerView, bagi yang belum mengikuti di part 1 kalian sanggup buka disini :
Tutorial Android : Dinamically EditText dengan RecyclerView #1

Part 1 kita sudah menciptakan layout, menyiapkan asset dan juga menciptakan struktur file. Selanjutnya kita akan menulis arahan Kotlin dari file yang sudah dibentuk pada tutorial sebelumnya.

Berikut langkah-langkah yang sanggup kalian ikuti :

1. Buat Model

Model dipakai untuk layer atau sebagai object dari todo, buka file pada model > Todo.kt yang sudah kita buat sebelumnya. Untuk data classnya isikan menyerupai berikut :


2. Buat Interface

Selanjutnya buka file presentation > TodoUI, buat interface yang dipakai sebagai contract yang isinya method untuk menghandle menyimpan value dari EditText di RecyclerView, dan handle listener pada ketika hapus menurut todo yang dipilih.
Tulis kodenya menyerupai berikut :

3. Buat Adapter dan ViewHolder

Pada file presentation, terdapat file TodoAdapter dan TodoViewHolder, pertama buat adapternya terlebih dahulu yang kodenya menyerupai berikut :
Nah dari arahan tersebut, adapter memakai mutable list dari Todo yang diambil dari model, nantinya akan dipakai untuk menyimpan value yang sudah di inputkan sehingga ketika todo ditambah, dihapus maupun discroll inputan yang sudah dimasukan tidak akan hilang. Jika tidak disimpan maka inputan akan hilang hal ini terjadi sebab sifat RecyclerView yang recycle atau reusable. 

Pada file adapter juga memanggil file ViewHolder dan melaksanakan binding data menurut posisi dari adapternya. Dan adapter mengimplementasikan interface TodoSaved yang nantinya dipakai untuk menghandle ketika menyimpan value dari EditText, sedangkan penggunaan interface TodoListener digunakan untuk handle ketika click pada icon hapus.

Selanjutnya buka file TodoViewHolder dan tulis arahan menyerupai berikut :

Pada view holder juga memakai 2 interface sebagai parameter, untuk event setOnClickListener maupun addTextChangeListener ditempatkan pada block init tujuannya yakni semoga tidak di bind sebanyak jumlah todo, penggunaan listener didalam bindTodo akan menambah listener pada semua todo, pola kalau ada 10 todo maka akan ada 10 listener yang dibuat, padahal seharusnya cukup 1 listener namun ketika disimpan gres menurut posisi todonya. Sehingga dibutuhkan sanggup menghindari memori leaks.

Sebagai default saya buat untuk todo dengan posisi pertama maka icon tombol hapus dihilangkan. kodenya ada pada :
iconDeleteTodo.visibility = if (adapterPosition == 0) View.GONE else View.VISIBLE
Perlu diperhatikan bahwa listener didalam block init perlu dilakukan pengecekan posisi adapternya pada ketika menyimpan value, maupun menghapus todo, hal ini dikarenakan recyclerview memiliki posisi adapter yang berubah-ubah.

4. Buat Activity

Selanjutnya buka file presentation > MainActivity, disini kita akan menghubungkan antara activity, adapter dan modelnya. Tulis kodenya menyerupai berikut :
Pada arahan tersebut, pada ketika aplikasi dijalankan defaultnya menampilkan 1 todo. Dan setiap melaksanakan tambah todo, clear todo, maupun hapus per todonya selalu memanggil fungsi notifyDataSetChanged(), hal itu bertujuan untuk menunjukkan notifikasi atau memberitahu ke adapter untuk menyesuaikan posisinya dengan perubahan yang baru.

5. Cek Android Manifest

Yang terakhir yakni buka file manifest > AndroidManifest.xml, kemudian pada activity tambahkan 
android:windowSoftInputMode="stateAlwaysHidden"
Sehingga menjadi menyerupai berikut :
Setelah selesai, kini coba kita jalankan dan kesudahannya yakni :

Sekian untuk tutorial menciptakan Dinamically EditText dengan RecyclerView, kalian sanggup melihat repositorynya di github saya. Terima kasih

Baca juga :
Tutorial Android : Membuat Dinamically EditText dengan RecyclerView Part 1
Daftar 4 Framework Terbaik Membuat Mobile Apps

0 Response to "Tutorial Android : Menciptakan Dinamically Edittext Dengan Recyclerview #2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel