Tips Berguru Pemrograman Untuk Lebih Produktif

Tips Belajar Pemrograman Untuk Lebih Produktif Tips Belajar Pemrograman Untuk Lebih Produktif
Tips Belajar Pemrograman Untuk Lebih Produktif
 - Hai teman-teman, pada kesempatan ini codingtive akan menyebarkan tips untuk kalian semua yakni berguru pemrograman untuk lebih produktif. Sering nggak kalian saat berguru merasa kurang produktif ? Sering mengalami banyak kesulitan tanpa menemukan solusi dengan cepat ?

Sebenarnya ada beberapa tips yang sanggup kalian lakukan untuk mengurangi hal tersebut. Sehingga proses berguru dan berkarya teman-teman menjadi lebih baik lagi. Berikut beberapa tips yang sanggup kalian coba :

1. Belajar dari Fundamental

Ketika berguru pemrograman kalian sering nggak pribadi pengin cepet-cepet sanggup ? atau pribadi mencoba ke tingkat lanjut tanpa mempelajari dulu basicnya. Nah apa sih pentingnya berguru basic atau fundamentalnya terlebih dahulu. Ketika kalian mempunyai mendasar yang besar lengan berkuasa mengenai programming tentu kalian akan lebih gampang untuk mengikuti keadaan dengan bahasa pemrograman apapun. Pelajari dulu hal-hal basic dan jangan terlalu ingin cepat mencoba tingkat lanjut, jikalau kalian rasa sudah mempunyai basic yang besar lengan berkuasa silahkan lanjut ke tingkat yang lebih tinggi.

2. Tentukan Waktu Belajar

Pilih waktu berguru yang berdasarkan kalian nyaman dan fokus untuk belajar, hal ini hanya kalian yang tahu kapan waktu yang sempurna untuk belajar. Karena saat kalian berguru di waktu yang kurang sempurna akan mempengaruhi efektifitas berguru dan mungkin proses berguru menjadi kurang fokus. Saya sendiri meluangkan dari jam 7 malam hingga jam 9, kemudian di waktu sebelum atau sesudah shubuh berdasarkan saya waktu dimana suasananya damai dan saya sanggup lebih fokus.

3. Membuat Prioritas Belajar

Nah menciptakan prioritas itu penting, buatlah sasaran berguru yang menciptakan kalian terpacu untuk mencapainya. Kalian sanggup melakukannya untuk jangka pendek maupun panjang. Intinya si dengan memprioritaskan berguru kalian akan lebih gampang untuk membagi waktu saat kalian belajar. Misalnya saya dalam waktu seminggu harus menuntaskan buku wacana berguru pemrograman Kotlin, maka saya bagi lagi untuk perhari apa saja yang akan saya pelajari. Dengan hal itu waktu berguru kalian lebih tertata dan efektif.

4. Mencari Mentor

Hal yang tidak kalah penting yakni carilah mentor sebanyak-banyaknya untuk belajar. Mentor sanggup saja kalian dapatkan dari teman, senior ataupun atasan maupun orang disekitar kalian. Belajar dengan mentor akan mendapat arahan, sanggup sharing dibandingkan berguru sendiri, kemudian  mendapatkaninsight dari orang lain yang mungkin lebih tahu dibandingkan kalian. Harapannya ilmu dan pengalaman dari mentor sanggup kalian dapatkan juga.

5. Ikut Komunitas / Event

Selanjutnya yakni ikutlah ke komunitas-komunitas atau yang berkaitan dengan bidang kalian tekuni. Banyak yang akan kalian dapatkan ibarat ilmu baru, pengalaman, kekerabatan dengan orang banyak. Saya yakin yang didapat dari berguru sendiri sangat berbeda dengan berguru bersama, dengan berkomunitas kalian sanggup menyebarkan ataupun berdiskusi dengan banyak orang. Kalian juga sanggup mendapat kesempatan yang mungkin tidak sanggup ditemui diluar komunitas.

6. Ikut Kursus 

Ikuti kursus online atau offline dari sumber yang rekomendasi untuk berguru pemrograman, sanggup berguru autodidak sendiri namun dengan mengikuti kursus banyak yang akan didapatkan, ibarat mendapat sertifikat, bahan yang terperinci dan terpercaya, dan kalian sanggup mendapat mentoring. Beberapa kursus online rekomendasi untuk berguru yakni Dicoding, Udemy, Udacity, dan Coursera.

7. Membuat Karya

Buat dan kumpulkan karya sebanyak-banyaknya, selain sanggup dipakai untuk portofolio,juga  kalian sanggup mencicipi progress belajar. Mengumpulkan karya untuk di publish di playstore, menaruh source code di github, atau ikut berkontribusi pada project-project open source. Tentu dengan portofolio akan mempengaruhi saat kalian melamar pekerjaan.


Itulah beberapa tips yang sanggup kalian coba saat berguru pemrograman biar lebih produktif lagi, jangan lupa untuk share ke teman-teman dan semoga bermanfaat ya. Terima kasih sudah membaca di codingtive.

Baca juga :

0 Response to "Tips Berguru Pemrograman Untuk Lebih Produktif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel