Tutorial Kotlin Pemula #1 : Basic Type Dan Konversinya

Tutorial Kotlin Untuk Pemula
 - Kotlin merupakan bahasa pemrograman yang direlease semenjak tahun 2016 dan secara resmi menjadi bahasa pemrograman sehabis Java yang sanggup dipakai untuk pengembangan aplikasi android. Seperti halnya bahasa pemrograman lain niscaya mempunyai type data, Kotlin juga mempunyai namun berbeda dengan bahasa pendahulunya yaitu Java, Kotlin didesain bahwa segala sesuatunya yakni object. Pada tutorial kali ini kita akan berguru dari dasar mengenai basic type dan cara konversinya. 

Nah, bagi kalian yang mau berkenalan dengan kotlin sanggup langsung kesini.

Basic Type

Kotlin mempunyai beberapa type data menyerupai numbers, characters, boolean, arrays dan strings, mulai dari yang pertama yaitu :

Number

Number dipakai untuk menangani semua type data yang berupa angka, mulai dari bit yang terkecil yaitu :
- Byte : 8 bit
- Short : 16 bit
- Int : 32 bit
- Long : 64 bit

untuk type data berupa angka belahan memakai :
- Float : 32 bit
- Double : 64 bit

Berikut penggunaanya pada Kotlin : 
val numberByte: Byte = 0b000110 val numberShort: Short = 1 val numberInt: Int = 4 val numberLong: Long = 10L val numberFloat: Float = 2.5F val numberDouble: Double = 4.5

Character

Character dipakai untuk menangani type data berupa character, untuk penggunaanya memakai single quote (' ') contohnya yakni '12'. Character tidak sanggup didefinisikan dengan number secara langsung, dan hanya mewakili 1 huruf dan harus didalam single quote. Penggunaan character juga mendukung untuk beberapa escape menyerupai : \t, \b, \n, \r, \', \", \\, dan \$.

Berikut rujukan penggunaan character pada Kotlin :
val characterA: Char = 'a' val characterB: Char = '2' val withEscape: Char = '\t'

Boolean

Type Bolean dipakai untuk budi yaitu hanya mempunyai nilai true dan false. Boolean mempunyai operator yang sanggup dilakukan yaitu :
- lazy disjunction : ||
dipakai untuk perbandingan OR
- lazy conjunction : &&
dipakai untuk perbandingan NOT
- negation : !
dipakai untuk NOT

Berikut rujukan penggunaan Boolean pada Kotlin :
val a: Boolean = true  val b: Boolean = false // di Kotlin sanggup lebih sederhana dengan val a = true dan val b = false

Array 

Array merupakan kumpulan data yang mempunyai type data yang sama, dan disimbolkan dengan []. Pada Kotlin untuk menciptakan array sanggup memakai fungsi arrayOf() dan memasukan nilai array didalamnya, misalnya arrayOf("Honda", "Suzuki", "Vario"). Seperti pada bahasa pemrograman lain, array di Kotlin juga mempunyai index, yang dimulai dengan posisi 0. Untuk mengetahui ukuran dari arraynya sanggup memakai size.

Contoh menciptakan array pada Kotlin menyerupai berikut :
val numberArray = arrayOf(1, 2, 3, 4, 5) val arraySize = numberArray.size

String

String dipakai untuk menangani type data huruf yang jumlahnya lebih dari 1, berbeda dengan character yang tidak sanggup memakai banyak karakter, dengan memakai String kalian sanggup memakai huruf lebih dari 1. Penggunaanya memakai double quote (""), misalnya "Belajar di codingtive". Pada String juga mempunyai index untuk mengakses masing-masing karakter. Kelebihan di Kotlin yakni sanggup memakai string template, sehingga penggabungan string menjadi lebih sederhana. 

Berikut cara memakai String dan string template di Kotlin :
val name = "Codingtive" val age = 18 // penggunaan string template val words = "$name age is $age"

Cara Konversinya

Untuk konversi dari satu type data ke type data lainnya pada Kotlin menjadi lebih ringkas kodenya, kalian sanggup memakai toByte(), toShort(), toLong(), toInt(), toFloat(), toDouble(), toString(), dan masih banyak lagi untuk mengkonversinya. Pada tutorial ini kita akan mencoba mengkonversi dari type data angka belahan menyerupai Double, dikonversi menjadi bilangan lingkaran dengan Int lalu dikonversi lagi menjadi String.

Caranya sebagai berikut :
val numberDouble = 2.5 val numberInt = numberDouble.toInt() val numberToString = numberInt.toString()

Nah itulah basic type dan cara konversi type data di Kotlin, cukup gampang bukan ? Tunggu tutorial berikutnya, jangan lupa untuk share supaya lebih banyak yang ikut belajar. Terima kasih

Baca juga :
Tutorial Kotlin Pemula #2: Properties dan Fields
Daftar 4 Framework Terbaik Membuat Mobile Apps
Tutorial Pengenalan Bahasa Dart Untuk Pemula

0 Response to "Tutorial Kotlin Pemula #1 : Basic Type Dan Konversinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel