Tutorial Kotlin Pemula #2: Properties Dan Fields

Pada tutorial sebelumnya kita telah berguru mengenai Tutorial Kotlin Pemula #2: Properties dan Fields
Tutorial Kotlin Untuk Pemula
 - Pada tutorial sebelumnya kita telah berguru mengenai basic type dan cara konversinya di Kotlin. Selanjutnya kita akan berguru wacana properties dan fields pada Kotlin. Apa itu properties dan fields ?

Seperti halnya suatu variable yaitu daerah menyimpan data sementara, di Kotlin lebih dikenal dengan istilah properties dan fields sebagai isinya. Properties sanggup dideklarasikan dengan 2 cara yaitu variable bersifat mutable yaitu variable yang sanggup diubah fields atau isinya, caranya yaitu memakai var yang kepanjangannya ialah variable,  dan variable yang bersifat immutable yaitu variable yang fields atau isinya tidak sanggup di assign kembali atau diubah, penggunaanya memakai val yang kepanjangannya yaitu value.

Nah kapan memakai var dan kapan memakai val ? jawabannya ialah sesuai kebutuhan, jikalau nilainya constant atau tetap gunakan val, tetapi jikalau sanggup diubah maka gunakan var.

Berikut ialah teladan perbedaan penggunaan val dan var di Kotlin :

val yourName = "Codingtive" var yourAge = 18 yourAge = 20
Variable yourAge memakai val sehingga nilainya bersifat constant atau tetap, sedangkan variable yourAge memakai var sehingga fields dari variable yourAge sanggup diubah atau di assign kembali dari 18 menjadi 20.

Lalu bagaimana cara mengakses properties dari class yang satu dengan class yang lain ?
Sebagai teladan ada 2 buah class yaitu class Student dan class Address :

Address :
class Address {     var street = "Jl. Lempongsari No. 3F"     var city = "Yogyakarta"     var nation = "Indonesia" }
Student :
class Student {     val name  = "Codingtive"     val address = Address()     val street = address.street     val city = address.city     val nation = address.nation }
class Address berisi properties street, city, dan nation yang akan dipakai pada class Student, pada class Student berisi properties nama dan daftar address yang diambil dari class Address, caranya yaitu dengan menciptakan sebuah instance dari class Address yang disimpan dalam variable address, lalu untuk memanggilnya caranya menyerupai pada variable street, city, dan nation.

Properties dan fields pada Kotlin juga sanggup bersifat null atau non-null, untuk suatu properties yang kemungkinan mempunyai nilai nullable gunakan tanda ? sesudah inisiasi type datanya. Berikut teladan penggunaan variable yang bersifat non null dan null :

var yourName: String var girlFriend: String? = null yourName = "Your Name" girlFriend = "Someone"
Variable yourName bersifat non null, sedangkan variable girlFriend bersifat nullable yang artinya ada kemungkinan isinya bernilai null, sehingga memakai ? sesudah type datanya. Untuk menunjukkan nilai default pada variable yang nullable caranya yaitu sesudah type data assign dengan default valuenya.  Makara saat variable girlFriend tidak di ubah atau assign maka nilai defaullnya yaitu null.

Demikian klarifikasi dan cara penggunaan properties dan fields di Kotlin, terima kasih telah berguru bersama jangan lupa untuk dishare semoga lebih banyak yang belajar. Sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Baca juga : 
Tutorial Kotlin Pemula #1: Basic Type dan Konversinya
Tutorial Android : Membuat Dinamically EditText dengan RecyclerView #1

0 Response to "Tutorial Kotlin Pemula #2: Properties Dan Fields"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel